Connect with us

Layanan

Banjir Rendam Instalasi PDAM, Karyawan Gotong-royong Melakukan Ini

Published

on

Gambar : Direktur Operasional, SM Produksi dan Distribusi dan SM Sekertaris Perusahaan saat melakukan kontrol di Intake Sungai Tabuk

HABARPDAM.COM,BANJARMASIN – Instalasi PDAM Bandarmasih yang terkena banjir yakni Intake Sungai Tabuk, Intake Sungai Lulut, IPA 2 Pramuka. Tim tanggap darurat PDAM sudah melakukan langkah-langkah penanggulangan, Kamis (14/1/2021). Atas kejadian ini, pengerjaan koneksi pipa untuk warga Kompleks Purnama Sungai Andai Banjarmasin terpaksa ditunda sementara waktu.

Humas PDAM Bandarmasin, Nur Wachid mengatakan, untuk penanganan di Intake Sungai Tabuk sudah membuat bendungan darurat dan dewatering air yang sudah masuk ke ruang pompa. Sumber arus listriknya sudah diamankan.

Gambar : Kondisi Banjir pada salah satu Instalasi PDAM Bandarmasih

“Pompa zona satu dan dua juga sudah posisi off, demikian juga sumber listriknya,” katanya.

Dia menjelaskan, air sejak subuh sudah masuk ke ruang pompa dan sudah menangatasinya. Banjir di IPA 2 Pramuka, posisi ar sudah sampai teras dan kondisi genset dan pompa masih aman.

“Tindakan yang sudah dan ini sedang dilaksanakan adalah mengaktifkan pompa dari kolam-kola penampung air ke sungai. Pompa KUDP Alhamdulillah masih aman, tim masih terus memantau instalasi yang lain,” jelas pria yang gemar main motor trail ini.

Dengan upaya menurunkan tim tanggap darurat PDAM Bandarmasih bisa menanggulangi banjir, memompa air untuk dibuang dan pada mulut-mulut pintu ditutup dengan pasir dan mengaktifkan pompa. Bersyukur pukul 12.00 wita sudah aman terkendali.

“Meski demikian, pekerjaan dibeberapa instalasi malam ini terus diupayakan untuk membuat tanggul, menyedot air dengan pompa kemudian membuang ke sungai, sehingga ruang-ruang power pompa genset bisa aman,” jelasnya.

Gambar : Penanggulangan banjir di ruang Travo

Menurut Nur Wakhid, banjir yang dialami hari ini belum pernah terjadi sebelumnya, terutama di Intake Sungai Lulut. Dirinya bersyukur, dengan upaya dan ke
rja keras semua karyawan PDAM bergotong-royong mengamankan instalasi meski rela berhujan-hujan dan meninggalkan rumahnya sendiri padahal juga tergenang. (Ltf)