Connect with us

News

PDAM Cepat Lakukan Rehab Pipa Jika Kondisi Sifatnya Emergency

Published

on

HABARPDAM.COM. BANJARMASIN – Dalam ruang lingkup PDAM Bandarmasih, rehab pipa berarti mengganti kondisi jaringan perpipaan.

Kegiatan rehab biasanya bermula dengan berbekal info dari tahun lalu, sudah terdapat identifikasi terdahulu mengenai jaringan-jaringan yang emergency dan mesti direhab, akan berlanjut ke tahap perencanaan dan penentuan skala prioritas.

Supervisor Transmisi dan Distribusi (TRD) 2, Abdurrahman menjelaskan rehab berbeda dengan aset, rehab itu ialah mengganti kondisi keadaan jaringan yang sudah ada, misalnya seperti yang ada di dalam tanah dan kena pelebaran jalan atau pembuatan drainase, sedangkan aset merupakan pemasangan yang baru, misalnya ketika jaringan tidak sampai atau bahkan tidak ada.

Pengidentifikasian jaringan yang harus direhab juga terkadang didapat saat ada laporan kebocoran pipa, ketika dicek di lapangan dan akhirnya diketahui bahwa jaringan pipa masuk ke pekarangan rumah, ada yang dikeramik atau bahkan diuruk ketika semestinya jaringan tersebut berada di pinggir jalan.

“Kasus seperti itu akan ditindak lanjuti oleh bagian rehab,” katanya.

Pengerjaan rehab sendiri cukup memakan waktu namun memang sangat bergantung dengan kondisi di lapangan, tergantung kesulitannya. Salah satunya ialah di lokasi Kuripan, terdapat pipa kecil yang bersebelahan dengan jembatan, ditakutkan akan terjadi pelebaran jalan maka dilakukan rehab, pengerjaannya saat itu memakan waktu kurang lebih seminggu dengan faktor-faktor kesulitan yang ada, salah satunya mengenai lalu lintas dan koneksi pipa di dalam galian.

Abdurrahman juga menjelaskan untuk kegiatan rehab memang akan direncanakan terlebih dahulu dan diatur jadwalnya, namun apabila skala emergency maka akan secepat mungkin dikerjakan. Dalam pelaksanaannya juga banyak terdapat pertimbangan akan kondisi di lapangan, misalnya apakah kegiatan itu akan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar

“Kalau dirasa akan mengganggu masyarakat maka kita akan mencari waktu yang tepat dan mencicil pekerjaan rehabnya, misalnya seperti bagian apa dulu yang bisa dikerjakan,” jelasnya. (Ltf)