Connect with us

News

Miliki Data Center Lengkap, PDAM Bandarmasih Jadi Rujukan Diskominfotik Banjarmasin Sukseskan Smart City

Published

on

Gambar : Supervisor IT Security, Yakin, S.Kom

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN –Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin berkunjung ke PDAM Bandarmasih. Tujuannya melakukan studi banding gencarkan program smart city sekaligus bekerjasama.

PDAM Bandarmasih menerima kedatangan Diskominfotik pada Jum’at 14 Januari 2022 lalu.

Hal tersebut dilakukan guna untuk mendukung program dari Pemkot (Pemerintah Kota) menjadikan Kota Banjarmasin sebagai smart city.

“Kunjungan dadakan Jumat lalu itu masih sekedar tanya jawab saja, belum ada pembahasan kerjasama yang lebih jauh. Mereka ingin meminta data center yang ada di PDAM Bandarmasih untuk membuat aplikasi layanan ,” ujar Supervisor IT Security Yakin pada habarpdam beberapa hari lalu.

PDAM Bandarmasih dipilih untuk menjadi salah satu rujukan karena PDAM adalah perusahaan air minum yang memiliki data center terlengkap dibandingkan perusahaan air minum lainnya.

Supervisor IT Security, Yakin mengakui bahwa PDAM Bandarmasih bahkan telah memiliki aplikasi layanan tersendiri di playstore dengan fitur yang memudahkan pembayaran tagihan air, pengaduan keluhan, dan lainnya. Hal itu menjadi salah satu alasan Diskominfotik untuk melakukan studi banding dengan PDAM Bandarmasih.

“Mereka ingin mengintegrasikan aplikasi layanan kota yang mereka miliki dengan aplikasi milik PDAM Bandarmasih,” jelasnya.

Plt Kepala Diskominfotik mengakui, program smart city atau kota pintar ini masih kalah canggih dengan kota-kota yang sudah maju di Indonesia.

Pemkot Banjarmasin berkomitmen mengembangkan program smart city ini lebih maju lagi, setidaknya menuju untuk menyamai kota-kota maju di Indonesia.

Program smart city yang dibangun pemerintah kota sejak 2017 ini banyak variabelnya, tidak hanya terkait teknologi, namun juga smart lainnya, SDM, infrastruktur hingga lingkungan, ucap Windiasti sebagaimana dikutip dari Antara.

PDAM Bandarmasih merupakan salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Banjarmasin yang memberikan layanan pada masyarakat sehingga dapat menjadi pilihan dalam mennjadikan Banjarmasin sebagai kota yang lebih baik.

“Mereka berharap semoga PDAM Bandarmasih bisa membantu Pemkot untuk mensukseskan smart city,” pungkasnya.(Nda)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *