Connect with us

News

Tes Potensi Akademik Rekrutmen PDAM Bandarmasih, Bekerja sama dengan AKATIRTA.

Published

on

Gambar : Wakil Direktur 1 Bidang AkademiAkatirta R. Gagak Eko Bhaskoro, ST., M.Sc,

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih menjalin kerjasama dalam perekrutan tenaga ahli dibidang air minum dengan Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang (AKATIRTA) sebagai pihak konsultan.

Akatirta Magelang terlibat sebagai tim penyeleksi dalam acara perekrutan tenaga kerja bagi PDAM Bandarmasih yang telah masuk pada tahap tes potensi akademik.

Keseluruhan tim penyeleksi terdiri dari tim konsultan dan tenaga ahli Akatirta yang berpengalaman dalam hal rekrutmen dan menguji/mengetes terkait bidang air minum.

Wakil Direktur 1 Bidang Akademi
Akatirta R. Gagak Eko Bhaskoro, ST., M.Sc, mengaku bahwa pihaknya telah sering membantu PDAM lain dalam hal rekrutmen pegawai yakni sebagai pihak konsultan yang melakukan seleksi dari serangkaian tes yang dilakukan oleh PDAM.

Beberapa Perusahaan daerah air minum yang pernah dibantu tersebut ialah PDAM Cirebon, Indramayu, dan Balikpapan.

Tahun ini, untuk memperlancar kerjasama antara PDAM Bandarmasih dan Akatirta, kedua belah pihak akan membuat Nota kesepahaman MoU Induk sebagai payung hukum kerjasama di masa mendatang.

Beberapa kegiatan yang pernah digelar seperti pelatihan-pelatihan masih berupa sistem kerjasama parsial.

“Pelatihan tersebut dilakukan dengan MoU per kegiatan saja,” jelasnya pada habarpdam selagi memantau pelaksanaan tes potensi akademik di Gedung Chandra pada Rabu (2/2/2022).

Dengan adanya MoU (Memorendum of Understanding) ini maka akan memperlancar kerjasama antara Akatirta dengan PDAM Bandarmasih, bahkan mungkin secara dua arah.

“Mahasiswa dan Dosen kami bisa melakukan penelitian di PDAM dan kami dapat membantu dalam hal perekrutan pegawai dan pelatihan-pelatihan terkait air minum. Jadi sifatnya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusiad i bidang air minum. Karena konsentrasi jurusan teknik lingkungan yang konsentrasinya air minum juga,” terangnya.

Sebagai informasi tambahan, Akatirta didirikan oleh PERPAMSI 20 tahun yang lalu dengan tujuan utama menyiapkan menyiapkan tenaga-tenaga ahli teknik yang memiliki kompetensi untuk bekerja di perusahaan-perusahaan air minum anggota PERPAMSI di seluruh Indonesia.

Dengan tenaga-tenaga ahli teknik yang dihasilkan Akatirta, diharapkan kinerja penyelenggaraan sistem penyediaan air minum oleh anggota PERPAMSI dapat ditingkatkan, sehingga pelayanan air minum yang berkualitas dapat lebih merata untuk seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Akademi teknik Tirta Wiyata Magelang atau biasa disebut Akatirta memiliki misi yang tidak kalah penting yakni
“Menyediakan tenaga kerja professional melalui jalur pendidikan diploma dibidang Teknik Lingkungan”.

Teknik lingkungan yang akan dipelajari oleh para peserta didik tidak seperti pada kuliah di perguruan tinggi lainnya namun lebih focus pada bidang kerja yakni tentang penyediaan air minum sehingga nantinya peserta didik dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam pekerjaan sehari-hari.

Beberapa hasil penelitian civitas akademika Akatirta yang sudah digunakan untuk kepentingan masyarakat antara lain pendampingan teknik penurunan tingkat kehilangan air dan studi sistem jaringan distribusi di berbagai PDAM seperti Kota Balikpapan, Kabupaten Badung, Kabuapten Kudus, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang dan lain-lain.


Akatirta juga menjadi tulang punggung (perintis, penyusun materi/modul, instruktur dan pembina nasional) Centre of Excellent (CoE), NRW dan efisiensi energi di Kementerian PUPR tahun 2012, serta tahun 2014 di delapan provinsi dan terlaksana pada tahun 2015 menjadi 25 provinsi.

Atas sumbangsih dan peranan Akatirta tersebut, tanggal 17 November 2015 Akatirta menerima anugerah CoE Award dari Kementerian PUPR.

Lulusan Akatirta sudah tersebar di berbagai instansi dan industri/perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan dan air minum, dan paling besar mereka terserap di berbagai PDAM Tanah Air. Beberapa direksi PDAM bahkan sudah menyatakan kesiapannya menerima para lulusan Akatirta.

“Di manapun mengabdikan diri, diharapkan mereka tetap pada tujuan memajukan pelayanan air minum bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap R. Gagak Eko Bhaskoro. (Nda)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *