Connect with us

News

Sempat Vakum Selama Pandemi, PDAM Bandarmasih Kebut Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Published

on

Gambar : Supervisor Pelatihan dan Pengembangan SDM PDAM Bandarmasih, Zamzam Nurjaman, SE, MM.

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi bagi para pelanggan, PDAM Bandarmasih melalui bidang Pelatihan dan Pengembangan terus memberikan pelatihan kepada karyawan, sesuai dengan kebutuhannya masing-masih.

Supervisor Pelatihan dan Pengembangan SDM PDAM Bandarmasih, Zamzam Nurjaman, SE, MM, AK menuturkan, pihaknya melakukan pelatihan terhadap para karywan PDAM Bandarmasin, agar kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

“Semua karyawan akan mengikuti pelatihan, setidaknya satu kali dalam setahun, sesuai dengan bidangnya masing,” ujar Nurjaman, kepada habarpam.com, Senin (30/5/2022).

Nurjaman mengucapkan, kalau dalam prosesnya nanti akan terbagi dalam dua bagian, yaitu karyawan akan diberikan pelatihan dan juga motivasi.

“Jadi prosesnya itu, kami akan observasi terlebih dahulu, ada karyawan yang punya motivasi namun tidak ada kemampuan, ini akan kita berikan pelatihan, namun ada juga yang punya kemampun namun tidak ada kemauan, ini akan kami berikan bimbingan konseling, sehingga lebih termotivasi lagi,” ucapnya.

Adapun dalam pelatihannya, pihaknya akan memberikan materi yang sesuai dengan bidang karyawan tersebut, sehingga untuk kinerja bisa menjadi lebih baik lagi.

“Sementara dalam memotivasi karyawan, kami akan menggelar kegiatan umum, seperti outbound dan lain-lain, sehingga dapat memotivasi semangat kerja para karyawan, selain itu juga dapat, membentuk kedisplinan, integritas dan juga kerjasama antar sesama karyawan,” katanya.

Namun sayangnya selama dilanda pandemi kurun waktu dua tahun belakangan, papar Nurjaman, banyak kegiatan-kegiatan yang terpaksa harus ditunda karena adanya peraturan pemerintah terkait larangan kegiatan selama masa pandemi.

“Karenakan dalam aturan pemerintahkan masyarakat dilarang berkumpul, sementara untuk kegiatan kita inikan bertujuan untuk mengumpulkan orang,” paparnya.

Saat ini, kondisi pandemi Covid 19 sudah mulai melandai, dan pemerintah sudah mulai memperbolehkan memggelar kegiatan. Sehingga sekarang pihaknya bisa kembali melaksanakan kegiatan yang sebelumnya tertunda.

Dalam hal ini, Bidang Pelatihan dan Pengembangan sendiri akan berusaha agar seluruh kegiatan pelatihan dan pengembangan bisa terlaksana hingga akhir tahun nanti.

“Jadi mulai bulan ini akan kami kebut terus sampai akhir tahun, karena memang sebelumnya, untuk seluruh kegiatan pelatihan itu sendiri sempat tertunda karena pandemi,” ujar Nurjaman.

Pasalnya, untuk kegiatan Pelatihan dan Pengembangan itu sendiri, dinilai sangat perlu dilakukan, karena bertujuan untuk meningkatkan, kinerja para karyawan dalam melakukan pelayanan bagi para pelanggan PDAM Bandarmasin. (Apr)