Connect with us

Kebocoran

Tim TRD PT. Air Minum Bandarmasih Sigap Perbaiki Pipa Bocor di Jalan Setoyo S, Perbaikan Terkendala Air Pasang

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – PT. Air Minum Bandarmasih memohon maaf atas ketidaknyaman yang dialami pelanggan, terjadi penurunan distribusi tekanan air hingga mati total.

Disebabkan pipa distribusi Primer PVC diameter 630 mm PT. Air Minum Bandarmasih (Perseroda) mengalami kebocoran, di jalan Setoyo S, tepatnya di bawah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) milik Pemko Banjarmasin, tak jauh dari Depo Gemilang, Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu (30/7/2022).

Tim PT. Air Minum Bandarmasih langsung ke lapangan, memperbaiki kebocoran pipa tersebut.

Perbaikan akan memakan waktu selama 8 jam, tergantung dengan kondisi pasang surut air sungai.

Manager TRD I PDAM Bandarmasih, Offilie Muda S.E, M.M mengatakan, kalau kebocoran tersebut ditemukan oleh tim NRW, yang sedang melakukan patroli dengan berjalan menyusuri jalan Setoyo S, pada Jumat (29/7/2022) malam.

“Pada pagi harinya langsung kami tindak lanjuti untuk melakukan perbaikan. Jadi saat ini tim sedang mencari titik bocor pada pipanya dilapangan,” ujar Offilie.

Titik kebocoran diperkirakan berada dibawah TPS milik Pemko Banjarmasin.

“Jadi untuk TPS terpaksa harus kami bongkar dulu, dan sudah kami koordinasikan dengan pihak Pemko Banjarmasin,” ucap Offilie.

Penyebab kebocoran diperkirakan pipa yang sudah tua, tidak sanggup menahan kondisi tekanan yang cukup tinggi.

“Karenakan untuk tekanan kami naikkan di 2,9 Bar, agar pendistribusian kedaerah yang ada di titik ujung koneksi di Banjarmasin Barat bisa terpenuhi,” kata Offilie.

Penyebab lainnya, masih ditelusuri, sembari pihaknya melakukan perbaikan.

Namun perbaikan sendiri, saat ini terkendala dengan kondisi air sungai yang mulai mengalami pasang, dan diperkirakan akan surut pada malam hari.

“Karena untuk menyambung pipa itu, hanya bisa dilakukan saat kondisi air surut. Jadi saat ini tim sedang melakukan pencarian titik bocornya dulu, sementara menunggu air surut,” beber Offilie.

Akibat dari kejadian tersebut, pendistribusian ke kawasan Kecamatan Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Tengah, mengalami gangguan atau penurunan tekanan distribusi.

Apabila ada pelanggan yang memerlukan air dengan mobil tangki, dapat menghubungi ke Call Center PT. Air Minum Bandarmasih dinomor 0511 3252541 atau di whatsapp center 0811 5151 47.

“Semoga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, agar distribusi air kembali normal,” pungkasnya. (Apr)