Connect with us

Gaya Hidup

PDAM Bandarmasih Kantongi ISO 27001, Simak Penjelasan Ahli IT

Published

on

Gambar : M. Okta Rianzani, S.Kom ahli IT PDAM Bandarmasih

HABARPDAM.COM. BANJARMASIN – Mengantongi ISO 27001, pengamanan informasi serta manajemen sistem di PDAM Bandarmasih sudah terjamin.

dilansir dari itgid.org ISO 27001 adalah sebuah dokumen standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang memberikan gambaran secara umum mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi atau enterprise dalam usaha rangka mengimplementasikan konsep-konsep keamanan informasi.

PDAM Bandarmasih sendiri baru memiliki sertifikasi ISO 27001 pada 2017 lalu meskipun telah memiliki data center sejak 2015. Menurut penjelasan Staff Pengamanan IT, M. Okta Rianzani hal tersebut dikarenakan saat awal dibangun perusahaan air minum itu masih belajar dan mengembangkan sistem ITnya.

“Belum mampu meraih sertifikasi di 2015,” ucapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Okta, pada 2016 mereka mulai mencari dan melengkapi dokumen yang diperlukan untuk itu, ketika sudah terlengkapi serta seluruh sistem yang dibutuhkan sudah diterapkan dan pada akhir tahun semuanya terpantau aman juga lancar, akhirnya pada 2017 PDAM Bandarmasih mengambil sertifikasi ISO 27001.

Selain data center di kantor pusat, aesuai standar ISO 27001, PDAM Bandarmasih juga memiliki server cadangan yang berada di luar, untuk saat ini berlokasi di Jakarta. Dibangun untuk mengantisipasi apabila server pusat mengalami gangguan sehingga ada back-up untuk tetap support operasional 24 jam.

Sertifikat ISO 27001 diperpanjang tiap tiga tahun. Selama masa berlaku, terdapat pengecekan secara terjadwal per tahunnya, misalnya pada bagian aplikasi, infrastruktur, serta pengamanan jaringan. Lalu dalam tahun ketiga, atau tahun terakhir berlakunya sertifikat mereka akan melakukan pengecekan secara keseluruhan, apakah sistemnya masih diberlakukan atau tidak.

“ISO 27001 ini sebenarnya selain mengamankan infrastruktur, juga untuk ketertiban manajemen dan awareness user terhadap keamanan data PDAM,” tandasnya. (Ltf)