Connect with us

Layanan

Musim Hujan Tiba, Berikut Himbauan PDAM

Published

on

HABARPDAM.COM. BANJARMASIN – Musim hujan mulai datang, PDAM Bandarmasih mengajak masyarakat agar turut menjaga lingkungan.

Mengingat kualitas air baku yang didapatkan terus menurun dari tahun ke tahun, juga sebagai akibat dari semakin memburuknya kondisi alam dan lingkungan.

Senior Manager Produksi dan Distribusi PDAM Bandarmasin, Walino menjelaskan, penurunan kualitas air baku yang terjadi ini sangat dipengaruhi oleh kondisi kelestarian lingkungan dan alam sekitar, yang tentunya berefek pada biaya produksi yang semakin besar untuk menjaga kualitas air minum yang dihasilkan.

“PDAM Bandarmasih sendiri berupaya untuk aktif dalam menjaga lingkungan, tahun sebelumnya telah dilaksanakan penanaman 1001 pohon di Tahura, lalu di tiap instalasi juga pasti terdapat pohon-pohon besar, banyak juga dilakukan penanaman pohon buah seperti durian, rambutan dan juga mangga,” katanya.

Menurutnya, menanam pohon memiliki manfaat yang sangat banyak, selain memperindah lingkungan serta menghasilkan oksigen, pohon-pohon yang ada diharapkan dapat meresap air dengan baik, sehingga ketika hujan air tertampung dan ketika kemarau tidak kekeringan.

Dia juga berharap, tindakan antisipasi dalam hal ini tidak hanya dilakukan oleh PDAM Bandarmasih sendiri namun juga masyarakat luas.

Hal ini bisa dilakukan dari hal yang kecil berupa mulai dari diri sendiri seperti tidak membuang sampah sembarangan, mendukung tindakan pemerintah dalam gerakan memilah sampah yang dibuang atau bahkan turut menanam pohon di sekitar rumah.

Senior Manager Produksi dan Distribusi PDAM Bandarmasih ini juga menjelaskan bahwa dalam hal ini mindset merupakan hal yang penting, ketika masyarakat berpikir bahwa mereka tidak perlu turut dalam menjaga lingkungan karena tidak merasa memiliki kewajiban, maka hal itu perlahan dapat menghancurkan alam.

“Kita harusnya saling membantu,” ujarnya. (Ltf)