Connect with us

Layanan

Tak Ingin Berpuas Diri, PDAM Terus Perbaiki Kekurangan

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Laporan Survey Kepuasan Pelanggan (SPK) mendapat hasil yang memuaskan, Direktur Operasional IR. H. Supian menyebutkan PDAM Bandarmasih tidak akan berpuas diri.

Acara yang dilaksanakan di Aula kantor pusat PDAM Bandarmasih pada Selasa ini (23/11/2021) dibuka oleh Direktur Operasional IR. H. Supian. Dalam sambutannya, ia menyebutkan survey kepuasan pelanggan ini dilakukan selain untuk mengukur kinerja pelayanan juga untuk mencari kekurangan-kekurangan yang masih harus diperbaiki PDAM Bandarmasih.

“Survey ini sangat berguna untuk kedepannya,” ujarnya.

Dengan survey Kepuasan Pelanggan 2021, diketahui hasilnya ialah mutu pelayanan mendapat nilai A dan Kinerja Unit pelayanan dikatakan Sangat Baik.

Supian menyebutkan dalam survey ini memang secara global, keseluruhan mengalami peningkatan, bahkan dari sisi pelayanan sudah dikategorikan sangat baik. Namun tentu yang menjadi perhatian ialah poin-poin yang harus diperbaiki.

“Ada beberapa segmen yang menjadi perhatian kita terkait pelayanan tadi, salah satunya air yang tidak mengalir di beberapa wilayah saat musim kemarau, itu yang menjadi fokus kita dalam perbaikan ke depan,” jelasnya.

Menurutnya, PDAM Bandarmasih tidak akan berpuas diri dengan nilai secara general, malah sebaliknya, yang mereka akan terus cari ialah kekurangan, sekecil apapun akan diperhatikan dan difokuskan untuk diperbaiki kedepannya.

“Misalnya seperti wilayah barat, selatan menjadi fokus kita dalma rangka tindakan program perbaikan. Jadi Intinya akan kita lakukan kegiatan-kegiatan perbaikan tersebut,” pungkasnya.

Survey Kepuasan Pelanggan tahun 2021 dilakukan dengan melibatkan 2.255 orang pelanggan sebagai responden.

Perhitungan yang didapat berdasarkan analisis tentang Kepuasan Pelanggan disimpulkan bahwa secara total, kepuasan pelanggan di Kota Banjarmasin adalah 3,598.

Hasil nilai Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) setelah dikonversi sesuai keputusan per MENPAN Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Umum Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik adalah 89,95 mutu pelayanan nilai A dan Kinerja Unit pelayanan dikatakan Sangat Baik.

PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dalam melakukan tugas operasionalnya memiliki sasaran pelayanan yaitu terjaminnya Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas pelayanan air bersih. Penilaian kepuasan dari pelanggan sangat diperlukan untuk mengukur kinerja.(ltf)