Connect with us

News

Pencurian Fasilitas Umum Kambuh Lagi, Hidran Kebakaran PDAM Bandarmasih Nyaris Digondol Pencuri

Published

on

Gambar : Manager Transmisi dan Distribusi (TRD) Zulbadi S.Kom, MM

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Indikasi pencurian kepala hidran di belakang Mitra Plaza, berhasil digagalkan. PDAM Bandarmasih sigap mengamankan dan menutup jalur air untuk sementara pada Senin malam (06/12/2021) pukul 20.30 Wita.

Pada pukul 20.00 Wita hari Senin (06/12/2021) masuk laporan dari masyarakat terkait kebocoran air. Saat di lokasi Tim Penanganan Kebocoran Air PDAM bandarmasih justru menemukan kepala hidran yang hampir terlepas menyisakan dua baut saja.

Berat kepala hidran ditaksir lebih dari 50 kg.

“Dua baut lagi itu akan lepas, dan airnya sudah mulai keluar,” jelas Manager Transmisi dan Distribusi (TRD) Zulbadi S.Kom, MM.

Zulbadi sangat berterimakasih terhadap warga yang telah melaporkan ke PDAM Bandarmasih, pasalnya berkat laporan tersebut mereka berhasil menggagalkan rencana pencurian kepala hidran itu.

Hidran yang terletak di belakang Mitra Plaza tepatnya di Jalan Sempurna Gang Bahagia itu akhirnya langsung diamankan oleh PDAM Bandarmasih. Memang, Hidran bukanlah milik perusahaan air minum itu melainkan Dinas Pol PP dan Damkar namun, airnya menggunakan air milik PDAM Bandarmasih.

“Jadi kami berinisiatif mengamankan. Untuk jalur airnya kami dop sementara,” ucapnya.

Ia sangat menyayangkan rencana pencurian ini, sebab akan sangat merugikan masyarakat. Dampak sosial ekonominya akan cukup besar, air yang terbuang, tekanan air yang menurun hingga air macet ke pelanggan.

Zulbadi juga menyebutkan sejak awal pandemi, rencana pencurian kepala hidran ini merupakan yang pertama kali, sebelumnya yang kerap dicuri ialah meter air dan penutup valve.

Ia berharap masyarakat mau berpartisipasi pro aktif melaporkan ke Kepolisian di 110 atau ke Call Center PDAM Bandarmasih di 05113252541 apabila mengetahui atau melihat adanya tindakan pencurian peralatan PDAM Bandarmasih.

Ketua Pemadan Kebakaran (PMK) Kuripan, Taufikurrahman juga turut meminta agar masyarakat sama-sama menjaga hidran di sekitar, sebeb hidran sangat dibutuhkan ketika terjadi bencana kebakaran.

“Hidran penanggulangan pertama yang dilakukan oleh anggota PMK, BPK kita saat bencana kebakaran,” jelasnya.

Sebagai anggota aktif di PMK Kuripan, ia sering mencek kondisi hidran di sekitar Kota Banjarmasin, apakah masih bagus atau ada permasalahan. Ia sangat menyayangkan ada yang ingin mencuri hidran tersebut, apalagi posisinya sangat dekat dengan pemukiman masyarakat.

“Jadi saya memohon kepada masyarakat untuk sama-sama kita menjaga keutuhan hidran ini karena sangat berguna untuk membantu masyarakat khususnya ketika terjadi bencana kebakaran,” ujarnya.(ltf)