Connect with us

News

Trotoar A Yani KM 1 Banjarmasin Kembali Seperti Semula, Pasca Pembongkaran Perbaikan Pipa PDAM

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Trotoar di Jalan A Yani Km 1 Banjarmasin yang dibongkar karena ada pengerjaan perbaikan pipa, kini sudah seperti semula.

Sesuai janji, kini dapat terlihat trotoar pasca perbaikan pipa pada akhir bulan November lalu telah dikembalikan PDAM Bandarmasih seperti sedia kala, hanya saja memang masih terlihat beberapa sisa material di sekitarnya.

Manager Transmisi dan Distribusi (TRD) 2, Zulbadi S.Kom, MM

Manager Transmisi dan Distribusi (TRD) 2 Zulbadi S.Kom, MM menjelaskan memang pengembalian trotoar membutuhkan waktu.

Setelah perbaikan pipa selesai, mereka tidak langsung memperbaiki jalur pejalan kaki itu sebab memerlukan proses pemadatan terlebih dahulu.

“Lapisan bawah kami padatkan, lapisan atas juga kami padatkan, kalau-kalau ada penurunan lagi makanya tidak langsung dikerjakan,” jelasnya ke habarpam.com, Rabu (15/12/2021).

Tanah yang diuruk dalam proses perbaikan pipa sebelumnya sekitar 35 meter kubik. Pemadatan pun dilakukan per 20cm, setelah dianggap layak dan padat baru dilakukan proses pengecoran dan pemasangan keramik.

Keramik jalur pejalan kaki yang diperbaiki itu kurang lebih seluas 12 meter persegi.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis (25/11/2021) sekitar pukul 20.30 Wita, Pipa 630 PVC yang berlokasi di Jalan A Yani Km 1 Banjarmasin mengalami kebocoran. Lokasi pipa yang berada di pinggir jalan dan jalur pejalan kaki menyebabkan PDAM Bandarmasih diharuskan membongkar trotoar demi kelancaran perbaikan pipa. (ltf)