Connect with us

News

PDAM Konsen Pelihara Instalasi Meter, Ini Buktinya

Published

on

Gambar : Supervisor Meter Air, Ferry Adhitya.K. S.Kom

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Pergantian meter air di 2021 telah lampaui target, yaitu sebanyak 5.779 meter air dari target 5.500 buah.

Supervisor Meter Air Ferry Adhitya.K. S.Kom menyampaikan bahwa di sepanjang tahun 2021 telah dilakukan pergantian meter air sebanyak 5.779 buah, telah melampaui target yang ditentukan di 2021 yaitu 5.500.

Penggantian meter air ini dilakukan berdasarkan laporan dari pelanggan, laporan dari pembaca meter air, tim petugas NRW (Non Reveneu Water).

Adapun pergantian meter air itu ada beberapa faktor yang melatarbelakangi yaitu meter air macet, meteran rusak, tera ulang meter air yang hasilnya tidak normal, tes meter air yang hasilnya tidak normal, meter air yang hilng atau dicuri.

Sub Departemen meter air dalam hal ini tugasnya menjaga akurasi meter air, karena akurasi meter air sangat berpengaruh terhadap pendapatan PDAM Bandarmasih.

“Kami dari sub Departemen meter air juga mendukung upaya kehilangan air (Non Reveneu Water) non fisik,” jelasnya pada habarpdam, beberapa waktu lalu.

PDAM Bandarmasih sangat konsen terhadap pemeliharaan instalasi meter air pelanggan seperti ganti meter air, rehab dirian meter air (ditinggikan), ganti stop kran, ganti lockable, pindah posisi meter (asal dalam satu bangunan yang sama).

Disamping penggantian meter air tersebut di atas pihaknya juga melaksnaakan program tera ulang meter air dimana tahun 2021 target yang harus dicapai adalah 30.000 meter air pelanggan, dan terealisasikan sebanyak 30.030 meter air.

“Kami juga melakukan tera ulang guna mengecek meter air pelanggan apakah normal atau tidak,” ucapnya.

Tera ulang meter air yang diprogramkan per tiga tahun sekali sesuai SK direksi PDAM Bandarmasih dan Pemendag (Peraturan Menteri Perdagangan) NOMOR 68 TAHUN 2018. Biayanya gratis dan dibebankan kepada anggaran PDAM Bandarmasih.
Minimal 20 persen dari total pelanggan setiap tahunnya masuk dalam program untuk dilakukan tera ulang meter air.

Sebagai informasi, tera ulang adalah pengujian kembali terhadap timbangan, takaran dan ukuran yang dipakai dalam perdagangan.

Dalam hal ini meter air yang terpasang diuji kembali di laboratorium meter air untuk mengetahui apakah masih normal atau tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Sementara diuji meter air di dirumah pelanggan akan dipasang meter pengganti (warna kuning) dan dikembalikan setelah selesai diuji.

Jikalau hasil pengujian menyatakan meter air yang lama masih normal maka akan dikembalikan. Jika tidak normal maka akan diganti dengan meter air yang baru.
Pengujian ini disahkan dan dilegalkan oleh dinas perdagangan dan pendistribusian kota Banjarmasin UPT Kemetrologian.

Ferry menghimbau kepada pelanggan agar melaporkan keadaan meter air nya baik itu terasa lebih banyak bayar atau tiba-tiba turun bayar rekeningnya (bahkan sampai hanya bayar abodemen saja). Jikalau pelanggan merasa meter air nya tidak akurat mohon untuk melaporkan ke kantor PDAM Bandarmasih agar di ter meter airnya dengan biaya Rp. 27.500. Petugas kita akan melakukan tes air tersebut.

Jika hasilnya tidak normal maka akan kami ganti meter airnya dengan yang baru secara gratis. Dan apabila hasilnya tidak normal terlalu cepat, maka pembayaran rekeningnya akan kami sesuaikan.

“Jika pelanggan merasa meternya macet atau tidak berputar angkanya, laporkan saja maka akan kami ganti secara gratis,” ucapnya (Nda)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *