Connect with us

News

Jangan Telat Bayar Tagihan PDAM, Begini Dampak yang Dirasakan Pelanggan

Published

on

Gambar: Supervisor Tunggakan Pelanggan PDAM Bandarmasih, Yuraidah

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Membayar tagihan kebutuhan rumah tangga hendaknya selalu diperhatikan, apalagi yang nominalnya besar. Namun tagihan dengan nominal kecil juga dapat menjadi beban apabila menumpuk, seperti tagihan air PDAM.

Supervisor Tunggakan Pelanggan PDAM Bandarmasih, Yuraidah menjelaskan, berbagai kerugian akan dirasakan pelanggan jika telat membayar tagihan air PDAM.

Pertama, tarif denda akan bertambah. Tentu hal tersebut dapat merugikan anggaran rumah tangga pelanggan, jadi sebisa mungkin pelanggan membayar tagihan rekening PDAM tepat waktu sehingga tidak ada yang dirugikan terutama anggaran pelanggan sendiri.

Kedua, tagihan menumpuk. Perlu diketahui bahwa semakin lama menunda pembayaran tagihan PDAM, maka akan semakin tinggi tagihan serta denda yang akan menimpa pelanggan ditagihan bulan berikutnya.

Oleh karena itu, agar anggaran anda tetap sehat, alangkah baiknya jika membayar langsung bila tagihan PDAM sudah keluar.

“Apalagi PDAM Bandarmasih sangat menghargai kedisiplinan pelanggan dalam membayar tagihan air tepat waktu yaitu Undian Gratis Berhadiah dengan hadiah utama Sepeda Motor bahkan umroh seperti yang telah lalu. Jadi, membayar tepat waktu selain menghindari tunggakan juga memberi keuntungan lain bagi pelanggannya,” ucapnya pada habarpdam.

Ketiga, sambungan PDAM diputus. Telat membayar PDAM selama tiga bulan akan berdampak buruk pada pemutusan sambungan PDAM ke rumah anda.

Dilakukan putus hubungan jika pelanggan menunggak lebih dari enam bulan, maka harus melunasi tunggakan terlebih dahulu dan ditambah dengan biaya administrasi melakukan sambungan baru.

“Hal tersebut mengidentifikasikan bahwa rumah anda tidak akan mendapatkan pasokan air bersih. Akan sangat menyulitkan, oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membayar PDAM langsung jika tagihan keluar,” tekannya.

Keempat, tidak adanya sumber air bersih. Alhasil, bila sambungan PDAM di rumah anda telah diputus maka akan kesulitan untuk mendapatkan sumber air minum yang bersih. Aktivitas anda juga akan menjadi lebih rumit dan pengeluaran tentu menjadi lebih banyak.

Yuraidah menyampaikan bila bingung dan tidak memiliki waktu untuk melakukan pembayaran, kini dapat dilakukan secara online tanpa kenal ribet lewat berbagai e-commerce yaitu Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak, Shopee, Link aja, Posgiro, OVO, Dana, Gojek dan beberapa internet Banking seperti BRI, BNI, Mandiri dan lainnya.

“Hal tersebut telah disediakan PDAM Bandarmasih guna meminimalisir pelanggan yang menunggak,” pungkasnya. (Nda)