Connect with us

News

PDAM Selalu Berupaya Beri Pelayanan Terbaik

Published

on

Gambar: Supervisor Pelayanan Sambungan Baru, Andy Firmansyah, ST, MM

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Setiap pengunjung yang berurusan di kantor PDAM Bandarmasih selalu disambut ramah. Berharap agar pelanggannya setia menggunakan air bersih yang ditawarkan PDAM.

Pelayanan baik yang diberikan dapat berdampak positif. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi PDAM Bandarmasih. Dalam memberikan pelayanan yang baik, PDAM telah menetapkan standar yang didukung dengan sarana dan prasarana yang ada sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.

Selain itu, pelayanan yang baik memiliki ciri-ciri tersendiri.

Supervisor Pelayanan Sambungan Baru, Andy Firmansyah, ST, MM, menyampaikan dalam hal ini, PDAM Bandarmasih menggunakan kriteria untuk membentuk ciri-ciri pelayanan yang baik dan tentunya didorong oleh beberapa faktor pendukung yang berpengaruh langsung terhadap mutu pelayanan yang diberikan.

Pertama adalah faktor manusia yang memberikan pelayanan tersebut.
Manusia (costumer service) yang melayani pelanggan harus memiliki kemampuan melayani pelanggan secara tepat dan cepat.

Disamping itu, costumer service harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sopan santun, ramah, dan bertanggung jawab penuh terhadap nasabahnya.

“Costumer service juga harus mampu memikat dan mengambil hati pelanggan sehingga pelanggan tertarik. Demikian juga dengan cara kerja karyawan yang rapih, cepat dan cekatan,” ucap Andy pada habarpdam, beberapa hari lalu.

Andy menjelaskan, dalam melayani pelanggan, costumer service harus melakukannya sesuai prosedur layanan yang ditetapkan PDAM Bandarmasih. Layanan yang diberikan harus sesuai jadwal dan tidak membuat kesalahan.

“Melayani secara cepat artinya melayani dalam batasan waktu yang normal,” katanya.

Kedua adalah faktor tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan dan keakuratan pekerjaan. PDAM Bandarmasih telah memiliki sarana dan prasarana yang dilengkapi oleh kemajuan teknologi terkini. Pada akhirnya, sarana dan prasarana ini pun harus dioperasikan oleh manusia yang berkualitas. Maka kedua faktor pendukung di atas telah dipenuhi oleh PDAM Bandarmasih, sehingga saling menunjang satu sama lainnya.

Menurut Andy kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang diprioritaskan PDAM Bandarmasih dalam menilai kualitas pelayanan, dimana pelanggan menilai kinerja pelayanan yang diterima dan yang dirasakan langsung dari kepuasan pelanggan terhadap sikap karyawan PDAM Bandarmasih dalam melayani pelanggannya.

Semakin tinggi pelayanan yang dirasakan akan semakn tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan. Selanjutnya akan berdampak positif pada perilaku ataupun niat seseorang dalam menyikapi pelayanan di PDAM Bandarmasih.

Seperti yang diketahui bersama, konsumen selalu menilai suatu layanan yang diterima dibandingkan dengan apa yang diharapkan atau diinginkan. Namun kepuasan konsumen juga harus disertai dengan loyalitas konsumen, kepuasannya berkaitan dengan apa yang diungkapkan oleh konsumen tentang kenyamanan dan harapannya terhadap layanan yang diperoleh.

“Dengan tingkat kepuasan masyarakat Kota Banjarmasin tersebut, maka PDAM Bandarmasih berusaha untuk menarik masyarakat agar menggunakan fasilitas air bersih yang ditawarkan oleh PDAM dan berkurangnya pengaduan konsumen,” pungkasnya. (Nda)