Connect with us

News

PDAM Bandarmasih Terapkan Berbagai Strategi, Tingkatkan Jumlah Pelanggan

Published

on

Gambar : Senior manajer keuangan dan pelayanan H Syahrani,SE

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih menerapkan berbagai strategi pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

Sebagai perusahaan daerah yang bergerak di bidang penyediaan air minum untuk wilayah Kota Banjarmasin.

Kendala distribusi yang belum merata serta kapasitas pelayanan yang masih harus ditingkatkan menjadi alasan pentingnya PDAM Bandarmasih dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

Senior manajer keuangan dan pelayanan H Syahrani,SE menyampaikan, pemasaran merupakan fungsi paling besar pada lingkungan eksternal, karena PDAM memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam mengembangankan strategi.

Menurut dia, strategi pemasaran merupakan strategi melayanani pasar yang dijadikan target oleh PDAM Bandarmasih. Beberapa faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran PDAM Bandarmasih, yaitu:

PDAM Bandarmasih melakukan analisis terhadap faktor lingkungan seperti pertumbuhan populasi dan peraturan pemerintah yang berpengaruh pada bisnis perushaaan.

“Selain itu faktor-faktor seperti perkembangan teknologi, tingkat inflasi dan gaya hidup juga tidak boleh diabaikan” jelas Syahrani pada habarpdam, kemarin.

Hal tersebut merupakan faktor lingkungan yang harus dipertimbangkan sesuai dengan air minum yang diproduksi dan pemasaran PDAM Bandarmasih.

PDAM Bandarmasih juga selalu memperhatikan dan mempertimbangkan ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, tahap perkembangan dan peluang-peluang yang belum terpenuhi.

Selain itu, PDAM Bandarmasih perlu menilai kekuatan dan kelemahannya sendiri dibandingkan pesaingnya.
Penilaian tersebut dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti teknologi, sumber daya finansial, kemampuan manufaktur, kekuatan pemasaranan dan basis pelanggan yang dimiliki.

Perilaku konsumen perlu dipantau dan dianalisis karena hal ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas air minum yang diproduksi, pemilihan saluran distribusi. Hal ini dilakukan melalui observasi dan survei kepuasan pelanggan.

Dalam strategi pemasaran yang dilakukan PDAM Bandarmasih terdapat kegiatan promosi, mempererat hubungan masyarakat, informasi dari mulut ke mulut.

“Program balik nama gratis tiap tanggal satu hingga akhir Februari, dan pemberian hadiah pada pelanggan teladan. Dua hal tersebut jua bisa disebut sebagai kegiatan promosi secara tidak langsung, karena dapat menarik minat masyarakat untuk menjadi pelanggan PDAM Bandarmasih,” pungkasnya (Nda)