Connect with us

News

Atasi Kelangkaan Air di Banjarmasin Barat, PDAM Pasang Tandon Air dan Suplai Gunakan Mobil Tangki

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Mengantisipasi kelangkaan air yang terjadi dikawasan Banjarmasin Barat, PDAM Bandarmasih terus berupaya melakukan pendistribusian air bersih, salah satunya dengan pengadaan tandon dan juga penyuplaian air bersih dengan mobil tanki.

Pasalnya, meskipun perbaikan dan pembaharuan jaringan dilapangan masih dilakukan, namun hingga saat ini untuk dibeberapa wilayah masih ada wilayah yang tidak lancar untuk pendistribusian airnya, sementara wilayan lainnya yang
sebelumnya tidak jalan, namun saat ini sudah mulai berangsur mengalir.

Supervisor Sambungan Baru dan Keluhan Pelanggan, Andi Firmansyah mengatakan, untuk jangka pendeknya, sementara pihaknya melakukan penyuplaian air bersih dengan menggunakan mobil tanki dan juga tandon air, sembari tim dilapangan terus berproses dan berupaya membenahi jaringan.

“Jadi kami etap berupaya untuk mendistrikan air bersih, jadi kebutuhan para warga tetap terpenuhi,” ujar Andi, kepada habarpam.com, kemarin.

Ia juga mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada tujuh buah tandon yang dipasang dibeberapa kawasan yang terdampak kemacetan distribusi air bersih, khusunya daerah Kecamatan Banjarmasin Barat.

Selain menaruh tandon di beberapa kawasan tersebut, pihak PDAM Bandarmasih juga melakukan penyuplaian air bersih dengan menggunakan mobil tanki secara mobile.

“Untuk hari ini juga kami akan memasang tandon lagi dikawasan purnasakti, untuk memback up sementara kebutuhan air bersih dikawasan tersebut,” ungkapnya.

Dalam pemasangan tandon dibeberapa kawasan tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan tim TRD Bandarmasih dan juga ketua RT setempat.

“Jadi terlebih dahulu koordinasi dengan pihak TRD dulu untuk mengetahui daerah mana saha yang perlu dipasang tandon. Setelah itu baru kami koordinasi dengan ketua RT setempat, untuk lokasi pemasangan tandonnya,” tutur Andi.

Dijelaskannya, dikarenakan sebelum pemasangan tandon, perlu ada kesepakatan terlebih dahulu dengan pihal warga dan RT setempat, agar tidak ada kesalahpahaman antar warga setempat, terkait lokasi pemasangan tandon tersebut.

Selain itu, Andi juga mengucapkan, untuk jumlah air bersih yang disuplai dengan menggunakan mobil tanki, tidak bisa dihitung secara pasti, karena menyesuaikan dengan kebutuhan warga setempat.

“Jadi untuk teknis penyuplaiannya, nanti ketua RT setempat akan menghubungi pihak PDAM Bandarmasih, apabila air ditandon sudah mulai habis, akan langsung kami kirimkan lagi, untuk mengisi tandon tersebut,” ucapnya.

“Jadi kalau untuk perharinya, diperkirakan 5 sampai 8 mobil tanki lah yang kita suplai untu masyarakat,” lanjutnya.

Disamping itu, beber Andi, tim PDAM Bandarmasih yang ada dilapangan, juga terus berupaya melakukan pembenahan jaringan, agar pendistribusian air bersih bisa segera lancar dan merata.

“Sekarang ini, tim dilapangan juga kerja siang malam untuk memperbaiki jaringan yang ada dilapangan, agar pendistribusian air bersih bisa segera lancar,” bebernya.

Oleh sebab itu, untuk masyarakat diharapkan bersabar, karena pihak PDAM Bandarmasih terus berupaya agar pendistribusian air bersih bisa segela berjalan lagi. (Apr)