Connect with us

News

Beberapa Daerah Krisis Air Mulai Teratasi

Published

on

Gambar : Manager TRD I PDAM Bandarmasih, Offilie Muda S.E, M.M

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasih terus berupaya melakukan peningkatan dalam pelayanan pendistribusian air bersih kepada para pelanggan, salah satunya dengan peningkatan tekanan pompa pendistribusian air bersih, khususnya untuk daerah kecamatan Banjarmasin Barat.

Sebelumnya tekanan pompa hanya berada dikisaran 2,65 Atm saja, namun hal tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi para pelanggan yang berada dikawasan ujung jaringan.

Oleh sebab itu, pihak PDAM Bandarmasih berupaya menaikkan tekanannya secara bertahap, menjadi 2,70 Atm, kemudian dinaikkan lagi ke 2,75 Atm, kemudian berangsur naik ke 2,80 Atm, sampai kemarin dinaikkan lagi ke 2,90 Atm.

“Untuk tekanan sudah kita naikkan menjadi 2,90 Atm. walaupun dengan resiko yang cukup tinggi, namun demi kelancaran pendistribusian air bersih kepada para pelanggan akan tetap kita upayakan lebih baik lagi,” ujar Manager TRD I PDAM Bandarmasih, Offilie Muda S.E, M.M, kepada habarpam.com, Rabu (18/5/2022) pagi.

Pasalnya, dari pengalaman sebelumnya, apabila tekanan pompa dinaikkan, ada kemungkinan menyebabkan pipa dilapangan menjadi bocor bahkan pecah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ungkap Offilie, pihak melakukan pengecekan secara intens terhadap pipa-pipa yang ada dilapangan, terutama pipa primer.

“Saat kami naikan ke tekanan 2,9 Atm, tim dilapangan melakukan patroli hingga 3 kali dilapangan, untuk memantau kondisi pipa, seperti pemeriksaan palep pipa dan juga melakukan pembuangan angin, takutnya masih ada angin yang terjebak didalam pipa,” ungkap Offilie.

Dia menjelaskan, karena kalau sampai ada angin yang masih terjebak didalam pipa, mengakibatkan pipa menjadi rawan pecah. Jadi bukan bocor lagi yang terjadi, melainkan pipa pecah.

Ia juga membeberkan setelah dinaikkan tekanannya, sudah mulai ada peningkatan, untuk saat ini beberapa daerah kritis yang sebelumnya tidak mengalir, sekarang sudah mulai mengalir, walaupun bisa untuk keseluruhan.

“Jadi pagi ini kami akan kembali membenahi jaringan yang ada dikawasan kuin cerucuk, untuk melanjutkan pengoptimalan jaringan, agar pendistribusian air bersih bisa segera lancar,” bebernya.

Offile juga berharap, dengan dilakukannya pembenahan jaringan dilapangan dan juga dinaikkannya tekanan pompa distribusi air bersih bisa segera lancar keseluruh wilayah, khususnya daerah Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Semoga untuk pelanggan yang berada dikawasan ujung jaringan bisa dapat teraliri air bersih,” pungkasnya. (Apr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *