Connect with us

News

Tingkatkan Efisiensi Pasokan Air Baku, Perlu Ada Peremajaan Pompa Usang

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasin selalu berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pendistribusian air bersih, salah satunya dalam bidang penyediaan air baku.

Supervisor Air Baku, Ismail mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan dalam pendistribusian air bersih, pihaknya telah mengusulkan agar diberlakukannya peremajaan atau pergantian terhadap pompa yang kualitasnya sudah menurun.

“Seperti pompa di Intek pematang pajang, sudah seharusnya dilakukan peremajaan atau pergantian dengan yang baru, tentunya dengan yang lebih handal, baik headnya tinggi dan juga debitnya yang lebih besar,” ujar Ismail, kepada habarpam.com.

Menurutnya, kalau ini bisa direalisasikan maka debit akan melangami peningkatan dari 5100 m³/j menjadi 7000 m³/jam, sehingga efisiensinya menjadi lebih besar.

Ia juga mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan air baku di kota Banjarmasin, didapat dari tiga Intek, diantaranya yaitu Intek Sungai Tabuk, Intek Pematang Panjang, dan Intek Sungai Bilu.

“Untuk Intek Sungai Tabuk dan Pematang Panjang digunakan untuk mensuplai kebutuhan di IPA 1, dan juga dapat untuk mendukung kebutuhan air baku saat kemarau, atau saat ada permasalahan pada Intek Sungai Bilu,” ungkapnya.

Pada setiap intek tentunya juga akan mengalami kendala, papar Ismail, seperti pada Intek Sungai Tabuk terkendala pada kualitasnya, sementara pada Intek Pematang Panjang terkendala pada kualitasnya.

Meski demikian, pihak PDAM Bandarmasih melalui tim pasokan air baku tentunya tidak tinggal diam, pihaknya selalu berusaha untuk mengatasi dan mencari solusi dalam mengatasi segala kendala yang ada dilapangan.

“Alhamdulillah, meskipun ada permasalahan dilapangan, namun semuanya dapat teratasi dengan baik. Buktinya semua kebutuhan dan permintaan air baku dapat terpenuhi dengan baik,” pungkasnya. (Apr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *