Connect with us

News

Disebut Tak Perhatikan Kepentingan Masyarakat Pasang Jembatan Pipa, PDAM Bandarmasih Beri Penjelasan

Published

on

Gambar: Supervisor TRD 1, H Gunawan

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Sempat beredarnya opini di media sosial yang menyatakan kalau pihak PDAM Bandarmasin tidak memperhatikan kepentingn masyarakat pengguna sungai, dalam memasang pipa pendistribusian air bersih, membuat pihak PDAM Bandarmasih pun angkat bicara.

Pasalnya, dalam postingan tersebut, menyatakan kalau pipa yang dipasang oleh tim TRD PDAM Bandarmasih, di samping jembatan yang ada dikawasan sungai Duyung kelurahan Kuin Cerucuk, Rt 12, Kecamatan Banjarmasin Barat itu terlalu rendah dan diniliai tidak memperhatikan kepentingn masyarakat pengguna sungai, seperti para pengguna kelotok dan juga perahu yang melintas disungai tersebut.

Saat dikonfirmasi, Supervisor TRD 1, H Gunawan mengatakan, bahwa sebelumnya pihaknya mendapati laporan dari para pelanggan disekitar kawasan tersebut, kalau pendistribusian air disana kurang lancar.

“Yang mana atas inisiatif warga setempat agar pipanya diturunkan karena dinilai ketinggian. Jadi atas kesepakatan bersama kita turunkanlah pipa itu,” ujar H Gunawan, Kamis (5/5/2022).

Selain itu dia juga menjelaskan, saat pihaknya menurunkan pipa tersebut, tidak langsung diturunkan seperti itu saja, tapi lebih dulu melakukan perhitungan.

Setelah dijembatan pipa tersebut diturunkan, pendistribusian airpun menjadi lancar, sehingga tidak lagi menjadi keluhan para warga atau pelanggan.

“Jadi itu adalah hasil kesepakatan para warga, kami juga tidak bisa dan tidak berani menurunkan, apabila tidak ada kesepakatan para warga. Ita merupakan hasil dari kesepakatan para warga yang ada di gang Pelangi, gang Bangkal, dan gang Kaum yang ada di Rt.12 itu,” papar H Gunawan.

Untuk ketidaklancaran pendistribusian air bersih dikawasan tersebut, diakibatkan karena kondisi wilayah yang cukup jauh dari induk penyaluran air bersih. Sehingga membuat penurunan kapasitas pemdistribusian air kerumah pelanggan, ditambah lagi pengurangan debit air saat ini, sehingga membuat kemacetan pada kawasan tersebut.

Selain itu juga, untuk kedepannya, ungkap H Gunawan, sesuai dengan arahan atasan, jembatan pipa yang ada tersebut, akan dipindahkan ke seberang atau dibuatkan jalurnya, dan bisa juga diceburkan kesungai.

“Jadi kedepannya sepanjang sungai tersebut, tidak ada lagi jembatan pipa lagi. Kita khususkan nebeng dijembatan pipa yang kami sediakan saja,” pungkasnya.

Dir Ops PDAM, Ir H Supian menambahkan, pipa yang dipasang disamping jembatan yang ada di kawasan Sungai Duyung Kelurahan Kuin Cerucuk itu sifatnya sementara.

“Perlu dicatat, ini sifatnya sementara. Kalau manajemen tekanan sudah bagus ke pelanggan di daerah tersebut, maka posisi pipa akan dikembalikan,” tegasnya. (Apr)