Connect with us

Layanan

Pasca Kebocoran Pipa di Jalan Veteran dan Jalan Adyaksa, Distribusi Air Berangsur Normal

Published

on

Gambar: Supervisor TRD Gangguan Air Minum PDAM Bandarmasih, Abdurrahman

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Distribusi air dari PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin kepada pelanggan di sebagian wilayah Banjarmasin Timur kini berangsur normal. Sebelumnya sempat terdampak akibat perbaikan pipa bocor di Jalan Veteran depan Posko Sangga Lima pada Rabu (7/6/2022) lalu.

Supervisor TRD Gangguan Air Minum PDAM Bandarmasih, Abdurrahman mengatakan, kebocoran pipa yang terjadi di Jalan Veteran depan posko BPK Sangga Lima itu adalah pipa primer PVC 315 milimeter.

“Alhamdulillah sudah selesai dikerjakan dan tinggal pemulihan aliran dijaringan ke pelanggan berangsur normal,” katanya, Senin (13/6/2022).

Dia menjelaskan, sedangkan untuk pemasangan pipa HDPE 630 milimeter, air baku yang dari intake Sei Bilu ke IPA 1 A Yani masih progres pengerjaan.

Pihaknya gerak cepat, langsung mengerahkan tim melakukan penanganan pekerjaan yang mana akan menghentikan pekerjaan aliran air, pipa transver PVC diameter 315 milimeter di Jalan Veteran Kuripan, Posko BPK Sangga Lima tersebut.

Penghentian aliran air ini diakibatkan adanya pekerjaan pemasangan pipa air baku yang menggunakan teknik Horizontal Directional Drilling (HDD) Sebuah metode pengeboran yang nantinya akan dipasang pipa air baku sepanjang jalan Sei Bilu,Vetran dan Kuripan.

Selama penghentian aliran air ini,kita akan memotong pipa PVC 315 mm yang mengenai jalur pemasangan pipa air baku diameter 630 mm menggunakan teknik HDD tadi. Untuk pekerjaan pemotongan pipa diameter 315 mm ini memerlukan waktu mulai pukul 08.00 wita sampai jam 16.00 wita (8 jam),PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin melakukan off pompa distribusi.

Adapun untuk wilayah terganggu yaitu Wilayah Banjarmasin Timur yang mengalami penurunan atau mati total Banjarmasin Timur yakni di Jalan Kampung Melayu, Jalan Pahlawan, Jalan Piere Tendean, Jalan AES Nasution, seberang mesjid kampung sasirangan, Jalan Simpang Veteran, Jalan A Yani Km 1 sebelah kiri dari jembatan Dewi sampai simpang Ulin, Jalan Keramat sebelah kiri dari simpang Sei Bilu dan sekitarnya.

“Kendala dilapangan saat perbaikan pipa di depan posko BPK Sangga Lima, penyetingan pipa sambung yg sangat dekat dgn pipa HDPE 630,” imbuhnya.

Sedangkan pasca perbaikan di Jalan Adyaksa Banjarmasin, lanjut Abdurrahman, kebocoran pipa itu terjadi akibat orang pencuri kabel Telkom dan penanganannya sudah selesai juga. Tinggal pemulihan aliran di jarangan saja yang kini juga berangsur normal.

Disebutkannya wilayah terdampak saat perbaikan pipa di Jalan Adyaksa itu yakni sebagian Banjarmasin Utara, sekitaran kayu tangi, setelah bundaran sebelah kanan arah ke RSUD Ansari Saleh, dan sekitarnya.

“Kendala perbaikan pipa di Jalan Adyaksa ini tak jauh berbeda saat penanganan kebocoran di Jalan Veteran, juga pipa primer berdekatan hampir mempet antara pipa diameter 400 mm dan diameter 200mm, makanya memakan waktu agak lama,” tambah Abdurrahman.

Pihaknya pun menghimbau kepada pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin harap bersabar, menunggu alirannya bisa menyampai ke daerah yang terdampak. (apr)