Connect with us

News

Survey Kepuasan Pelanggan, PAM Bandarmasih Raih Predikat B

Published

on

HABARPAM.COM, BANJARMASIN — Berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan, PAM Bandarmasih kembali mendapatkan predikat B (BAIK) pada Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2023 dengan skor point sebesar 84,85.

Survey Kepuasan Pelanggan (SKP) merupakan survey rutin yang dilakukan tiap tahunnya, dilakukan dengan menggunakan pihak eksternal guna menjaga objektifitas hasil. PAM Bandarmasih sendiri menggaet tim dari Universitas Lambung Mangkurat. Survey dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.

Survey Kepuasan Pelanggan 2023 dilaksanakan sejak bulan Juli hingga Oktober, terdapat sedikit perbedaan dengan tahun 2024 ini yang baru akan dimulai pada bulan Agustus nanti, terdapat berbagai faktor penyebab mundurnya jadwal pelaksanaan, salah satunya persiapan anggaran dan juga pembuatan MoU dengan pihak terkait.

Survey Kepuasan Pelanggan sendiri secara garis besar mencakup tiga poin utama,

  1. Keterjangkauan/tekanan terujung layanan,
  2. Sarana aduan pelanggan dan
  3. Pemenuhan kubikasi air per pelanggan per bulan.

Pertama, dalam keterjangkauan/tekanan terujung layanan, Banjarmasin Barat menduduki peringkat pertama dengan gap point sebesar -1,015. Gap point menunjukkan wilayah tersebut menjadi wilayah dengan aduan terkait layanan air yang paing banyak. Jika nilai semakin mendekati nol maka semakin baik.

Urutan kedua Banjarmasin timur (gap point 0,639), ketiga Banjarmasin Selatan (gap point 0,572) dan urutan keempat Banjarmasin Utara (gap point 0,059).

“Gap point ini akan kami hilangkan, kami terus berusaha untuk menolkan gap tersebut,” ujar Manager Pelayanan Pemasaran PAM Bandarmasih, Murdadi.

Dijelaskannya sarana penyampaian aduan pelanggan, metode tatap muka menduduki urutan satu dengan poin sebesar 58,6%. Lapor dengan petugas di lapangan menduduki urutan kedua dengan poin 25%, Call Center 11,4%, aplikasi mobile 3,8% dan website di urutan terakhir dengan 0,7%.

Murdadi menjelaskan, dengan masih besarnya persenan tatap muka yang lebih banyak maka tim Humas, IT dan semua pegawai harus terus menjadi corong informasi perusahaan terkait tersedianya sarana layanan aduan pelanggan selain tatap muka yakni website, media sosial dan aplikasi Bandarmasih Mobile.

Ketiga, pemenuhan kubikasi air per pelanggan per bulan. 87,2% pelanggan merasa kebutuhannya cukup terpenuhi, sedangkan 12,8% lainnya merasa kebutuhan kubikasi airnya belum cukup terpenuhi.

“12,8% ini angka yang menjadi tantangan kami, berkomitmen untuk terus menurunkannya. Kami sudah berhasil menurunkan angka ini daripada tahun sebelumnya di 2022
yang sekitar 17%,” ujar Murdadi kepada habarpam.com.

Murdadi juga menjelaskan; salah satu tindakan yang diambil PAM Bandarmasih untuk menindaklanjuti temuan hasil SKP tersebut, untuk wilayah Banjarmasin Barat akan dilakukan pemasangan pipa dari A Yani km 1 hingga ke Tower di Jalan Sutoyo.

Lalu untuk perbaikan jaringan menambah kubikasi air pelanggan, PAM Bandarmasih juga akan melakukan pemasangang penambahan pipa dia 800 di jalan Tirta Dharma.

“Sehingga tindakan perbaikan jaringan terjadi di dua sisi, untuk sayap kanan di jalan Tirta Dharma, di sayap kiri Jalan Sutoyo. Akan terlihat hasilnya di SKP 2025,” ujarnya.

Murdadi menerangkan, PAM Bandarmasih bersyukur terkait hasil SKP 2023, sebab berhasil mendapatkan predikat baik dengan poin 84,85.

“Kami akan berkomitmen mempertahankan dan meningkatkan predikat ini dari baik menjadi lebih baik. Kami akan tetap fokus pada pelayanan pelanggan karena hal tersebut adalah prioritas kami,” pungkasnya. (Ltf)